home artikel tips & trik bursa kerja kontak
 
jQuery News Slider Demo | Queness
  • Bekerja di Hotel, Resor, Klub Golf dan Kapal Pesiar di berbagai negara

    Lulusan SHS diminati industri perhotelan di luar negeri.

    Mereka bekerja di hotel, resor, klub golf hingga kapal pesiar di berbagai negara. Hal ini menunjukkan ... (selengkapnya)

  • RESOLUTION IN ACTION

     

    selengkapnya)

  • Rekatkan Barisan


    Dalam setiap tim atau kumpulan manusia, kita bias langsung merasakan solid atau ... (selengkapnya)

  • SHS Gandeng 10 Hotel di Malaysia; Kirim Siswa Magang

    Lulusan SHS diminati industri perhotelan di dalam maupun luar negeri

    Surabaya, Kabarindo- Surabaya Hotel School (SHS) secara rutin mengirimkan siswanya untuk magang ke 10 ... (selengkapnya)

  • RATUSAN SISWA KELAS XII DAFTAR SEBELUM LULUS

    INGIN SUKSES, ... (selengkapnya)

 
 
profil
program studi
fasilitas
akademik
foto berita & kegiatan testimonial
 
   
Facilities
Kronologis Terciptanya Acara Festival Rujak Uleg

SHS - Surabaya Hotel School -

Festival Rujak Uleg yang di selenggarakan rutin setiap tahun oleh Pemkot Surabaya dalam rangka merayakan Har Jadi  Kota Surabaya berawal dari bincang-bincang santai pada bulan Januari 2003,antara Bp. Bagus Supomo (Executive Director SHS) dengan Bp. Bambang Sugiharto yang waktu itu menjabat sebagai Kabag TU Disbudpar Surabaya.

Sedangkan Kadisbudpar Surabaya saat itu adalah Bpk. Muhtadi.

Bp. Bambang menyampaikan kira-kira acara  apa  yang meriah dan bisa melibatkan banyak warga masyarakat Surabaya, sebuah acara yang menarik dan atraktif.

Karena Bpk. Bagus sebagai Direktur Sekolah  Perhotelan dan sudah malang melintang di bidang Kuliner, maka beliau mengusulkan makanan Rujak Uleg untuk di jadikan tajuk acara .

Rujak Uleg  adalah makanan khas Surabaya yang  mudah di temui di  banyak tempat, mulai dari kedai di depan rumah hingga mall-mall, restoran  dan hotel-hotel di Surabaya.  Dari situ bisa dilihat bahwa Rujak Uleg digemari oleh kalangan bawah ( harga Rp 6.000/porsi) hingga kalangan atas ( di Surabaya ada Rujak Uleg yang dijual dengan harga Rp 200.000/ porsi dan laris, terkenal di seluruh Indonesia)

Dari segi pembuatan, karena bumbu harus diuleg, maka pasti meriah jika ngulegnya aktraktif dilakukan  bersama-sama oleh ratusan bahkan ribuan orang diiringi dengan musik yang membuat semua peserta bergoyang. Dari nilai gizi dan manfaat bagi kesehatan Rujak Uleg juga lengkap karena mengandung karbohidrat, buah,sayur dan cingur/ kikil serta tahu dan tempe. Kebayang pula betapa meriahnya jika yang membuat rujak tersebut memakai kostum yang unik,lucu,gokil disertai yell-yell yang membuat suasana semakin heboh.

Melihat keunggulan Rujak Uleg dan membayangkan betapa meriahnya acara tersebut maka diputuskanlah FESTIVAL RUJAK ULEG sebagai ICON Hari jadi Kota Surabaya Tahun 2003.

Perjuangan untuk mewujudkan festival rujak ulegpun dimulai.  Semua Instruktur Boga termasuk Bp. Bagus sendiri “turun gunung” melatih ibu-ibu membuat Rujak Uleg berkeliling dari satu kecamatan ke kecamatan yang lain se Surabaya.

Bp. Lukman Hakim (Direktur Keuangan SHS) berburu ribuan Cobek dan Uleg-uleg hingga ke pelosok Kediri. Karena alat komunikasi belum secanggih sekarang Bp. Lukman harus beberapa kali ke daerah Mojoroto Kediri untuk memastikan peralatan tersebut selesai sebelum acara dimulai.

Kurang seminggu dari hari H, pesanan tersebut jadi, Beliau sewa truck dan mengawalnya sendiri hingga jam 2 pagi baru sampai dijalan Joyoboyo 10 (Untung SHS punya rumah yang cukup besar untuk menampung peralatan tersebut. Masih berbentuk rumah lama, dibangun untuk gedung SHS baru tahun 2005)

Perjalan pun tidak mulus karena dijalan beberapa kali dicegat, mungkin dicurigai membawa barang yang terlarang. Menjelang hari H, di SHS tidak kalah heboh karena harus menyiapkan peralatan, bahan dan segala sesuatu yang dipakai membuat Rujak Uleg untuk 710 orang ( jumlah peserta disesuaikan dengan hari jadi Surabaya ke 710 Pada Tahun 2003 ).

Sehari menjelang pelaksanaan, SHS seperti pasar !!!

Tahu,tempe,cingur,sayur,buah hingga petis menumpuk tidak hanya diruang praktek masak tapi diruang-ruang lain yang disulap jadi dapur sementara.

 

Hari H pun tiba, mulai pagi panitia yang terdiri dari Staff,Instruktur hingga siswa SHS bergotong royong menyiapkan semua bahan dan peralatan yang harus siap di jalan sisi timur Balai Kota( samping Rumah Dinas Walikota).  Jam 12.00 semua bahan dan peralatan sudah siap dimeja peserta.  Sesaat kemudian rombongan peserta mulai berdatangan, mulai riuh mencari meja masing-masing.

 Akhirnya tepat jam 14.00 acara dimulai, dipandu MC Jadi Galajapo  sehingga acara semakin semarak. Acara diawali dengan sambutan oleh Bp. Bambang DH (Wali Kota Surabaya waktu itu) yang diteruskan nguleg di Cobek Raksasa bersama dengan Pejabat Pemkot Surabaya, Undangan dan para Ekspatriat. Kemudian seluruh peserta riuh rendah nguleg bareng.

Acara ini disaksikan langsung oleh Bp. Jaya Suprana yang memberikan penghargaan MURI untuk Pemkot Surabaya dan SHS. Bp. Jaya Suprana hadir sekaligus untuk memberikan apresiasi bagi acara Festival Rujak Uleg yang dianggap unik dan belum pernah ada sebelumnya. Acara ini juga akhirnya menginspirasi daerah-daerah lain untuk membuat acara serupa dengan makanan khas daerah mereka masing-masing.

Jam 16.00 acara Festival Rujak Uleg selesai, masyarakat pun bersuka cita menikmati Rujak Gratis yang dibagikan oleh peserta. Alhamdulillah acara berlangsung meriah dan sukses, hilang segala rasa lelah, berganti tawa bahagia bersama warga dan masyarakat Surabaya.

Terimakasih Pemkot  dan masyarakat Surabaya yang sudah menjadikan Festival Rujak Uleg sebagai acara yang ditunggu-tunggu setiap tahun dalam merayakan Hari Jadi Kota Surabaya.






   
 
Anda ingin Bertanya?
Marketing
 
Share |

join SHS facebook

Twitter
 
 BERITA & KEGIATAN
SHS Rutin Kirim Mahasiswa Magang ke Malaysia
Berita Lainnya ...
 
 
 
 
   
 
   
Kampus: Jl. Joyoboyo No.10 Surabaya - Telp. (031) 563 3608 - Fax. (031) 567 9422

Home | Artikel | Tips & Trik | Bursa Kerja | Kontak
Profil | Program Studi | Fasilitas | Akademik | Foto Galeri | Berita & Kegiatan | Testimonial | Peta Lokasi
Copyright © 2007-2013 Surabaya Hotel School. All Rights Reserved.
Designed by MATAAIR Media Communications